Tips Beasiswa: Menulis Personal Statement


Tidak sedikit yang bertanya pada saya cara membuat sebuah personal statement atau statement of purpose yang diperlukan untuk melamar beasiswa atau melamar sekolah pascasarjana di luar negeri. Meskipun pernah mendapat beasiswa, saya bukanlah orang yang ahli soal ini dan tidak memiliki kualifikasi resmi untuk menilai sebuah personal statement (PS). Menariknya, setelah saya mengecek di internet, ada banyak sekali tips pembuatan PS yang disediakan oleh berbagai institusi dan berbeda satu sama lain. Tidak mudah bagi saya untuk mengatakan mana yang baik dan mana yang buruk. Meski demikian, toh saya memang pernah membuat PS dan dengannya saya mendapat beasiswa. Oleh karena itu, ketika diminta mengisi workshop di UII Yogyakarta beberapa waktu lalu, yang saya andalkan bukanlah teori, tetapi pengalaman. Yang saya tawarkan kepada peserta bukanlah petunjuk teknis membuat PS tetapi pengalaman saya dalam membuat PS yang akhirnya membuat saya mendapat beasiswa.

Ada beberapa hal yang ketika itu saya kemukakan, gabungan antara pengalaman dan hasil membaca. Yang utama, kita tidak sedang berbohong. PS memang harus cantik, tetapi dia tidak boleh merupakan kebohongan hanya untuk menipu pembaca. We are not putting lipstick on a pig. Meski tidak boleh bohong, kita mengenal apa yang disebut ‘kemasan yang baik’. Good packaging, kalau istilah orang-orang bule. Selain itu, kita harus menghindari penggunaan kata-kata bombastis/terlalu generik. Sebaiknya menggunakan contoh nyata yang menggambarkan kita memiliki sifat dan kemampuan yang baik. Dalam workshop di Jogja saya membandingkan antara Dasa Dharma Pramuka yang sangat normatif dan mendayu-dayu dengan kalimat lain, misalnya “Saya ditugaskan membuat proposal penelitian HIV/AIDS di tahun 2006. Saya selesaikan dalam dua hari dengan hasil baik dan proposal tersebut didanai oleh WHO. Sejak itu, dosen saya selalu mempercayakan pekerjaan serupa kepada saya.” Saya ingin menunjukkan bahwa contoh nyata akan lebih baik dibandingkan jargon bombastis seperti “bertanggung jawab dan dapat dipercaya” atau “suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan”.

Karena PS harus ditulis dalam bahasa asing (umumnya Inggris) maka saya juga ingatkan bahwa bahasa adalah persoalan sikap hidup. Jika tidak bisa berkomunikasi yang baik dalam bahasa ibu, jangan berharap bisa memukau dalam bahasa asing. Maka dari itu, belajar santun dan efektif dalam berkomunikasi dalam bahasa ibu akan sangat membantu dalam menyusun PS dalam bahasa asing. Lebih lanjut saya kemukakan sepuluh larangan dan anjuran dalam membuat PS seperti yang disarankan oleh sebuah situs yang direkomendasikan oleh MIT di Amerika Serikat. Meskipun tidak harus diikuti seratus persen, tips semacam ini perlu diperhatikan. Yang lebih penting, perguruan tinggi yang hendak kita tuju biasanya menyediakan tips tersendiri yang mungkin berbeda dengan yang disediakan oleh pihak lain. Perhatikan dan utamakan tips dari perguruan tinggi yang kita tuju tersebut.

Sebenarnya contoh PS sangat banyak di dunia maya. Dengan mengetikkan, misalnya, ”personal statement sample” maka Anda akan menemukan banyak sekali contoh. Di sinilah kita harus jeli memilih. Sekali lagi, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya kita mengacu pada sumber yang disarankan oleh perguruan tinggi yang kita tuju. Selain itu, dalam menggunakan contoh/template, tentu saja kita harus bijaksana. Menyalin apa adanya dengan hanya mengganti nama dan bagian penting lainnya tentu saja tidak disarankan. Kita akan terdengar ’palsu’, tidak orisinil. Bayangkanlah kalau Anda menjadi seorang anggota tim penyeleksi dan menemukan ada seorang peserta menggunakan lamaran yang disalin dari buku atau dari internet. Rasanya tidak sulit untuk mengetahuinya, apalagi jika kemudian dibandingkan dengan gaya bahasa orang tersebut di dokumen lainnya seperti formulir pendaftaran, CV, dll. So, be yourself!

Pada akhirnya, PS adalah masalah personality. PS adalah cerminan kepribadian yang membedakan seseorang dengan kandidat lainnya. PS harus khas dan benar-benar mencerminkan diri sendiri. Meskipun berhasil ’menipu’ dengan PS yang membuai-buai, suatu saat akan ketahuan juga. Serapi-rapinya seekor srigala menyembunyikan tubuhnya dalam bulu domba, suatu saat dia akan meraung juga. Maka dari itu, buatlah PS yang benar-benar mencerminkan kepribadian Anda.

Jika ingin melihat PS yang pernah saya buat, silakan unduh di sini. Sekali lagi saya tegaskan, PS ini bukanlah model yang harus dijadikan acuan, hanya untuk perbandingan. Jika dibandingkan dengan berbagai tips yang tersebar di dunia maya, bisa jadi PS ini banyak kelemahan dan kesalahannya. Hanya saja, dengan PS ini saya telah diterima beasiswa Endeavour Australia yang katanya fenomenal itu, meskipun dengan berat hati harus saya tolak karena suatu alasan yang baik. Selamat berjuang.

Author: Andi Arsana

I am a lecturer and a full-time student of the universe

67 thoughts on “Tips Beasiswa: Menulis Personal Statement”

  1. Pak Andi,

    Punya contoh PS untuk yang jurusan Bhs. Inggris (Sastra Inggris), bapak bisa bantu saya?

    Terimakasih sebelumnya,

    Eka

  2. makasih yah pak, sangat membantu..sebenarnya saya sudah lama mau email pak Andi minta tolong di kirimkan contoh PS..(cuman, rada nggak enak juga soalnya sy baca blog Bpak, waktu itu ada di laut sedang riset)akhirnya Tuhan dengar juga and diterusin ke bapak..pdhal sy blum email..he..he..Thanx..and Semoga Bapa selalu sehat sehingga aktifitas lancar semua

  3. Made Andi,
    thanks for sharing…
    penting banget nih buat referensi.
    masih ingat nggak, Made Andi pernah bermain ke asramaku di Kringsja- oslo, norway?

    share share info s3 yaa, aku mau coba apply 😀

  4. dari PS-nya kelihatan semangat yg luar biasa…sangat efektif, to the point…semoga bnyak putra-i Indonesia yg bisa seperti anda.. Selamat.

  5. pak, makasih banyak atas tulisannya… saya juga sedang mengajukan beasiswa endeavour untuk VET… boleh gak pak, minta tips2nya, pak?? untuk membuat statment2 yang lain yang ada di endeavour application?

    saya ingin sekali mendapatkan beasiswa itu pak, saya hendak mengajukan untuk sekolah kuliner di australia….

  6. Terimakasih pak Andi, this blog is very useful for me…. it seem all i need already in here (i have send my CV and proposal without seeing any example and some professors in Aussie refuse it) … ayooo semangat

  7. Terimakasih pak Andi, this blog is very useful for me…. it seem all i need already in here (this is my first time i apply ADS, i have send my CV and proposal without seeing any example and some professors in Aussie refuse it) … ayooo semangat

  8. Pak, saya punya PS yang saya buat sendiri…
    Namun jujur, saya masih bingung perbedaan antara PS dengan SO…
    Bolehkah bapak bantu untuk memeriksa punya saya jika Bapak memiliki waktu yang ckup?

  9. Selamat Siang bapak Andi Arsana
    Saya lagi bingung gimana cara membuat Statement of purpose untuk kuliah S2 Perpustakaan. Secara konsep SP saya paham, tp saya masih bingung untuk menulisnya. Apakah Bpk Andi bersedia membantu saya untuk memberi masukan dalam membuat statement of purpose.

    Terima Kasih

      1. wah super sekali pak andi. well, saya sudah membuat sebuah ps. namun saya butuh orang yang bisa memberi saya masukan, dan kira2 ps saya sudah pantas atau belum untuk diajukan. saya berharap pak andi bisa membantu

  10. salam,
    pak, saya bermaksud untuk mendaftar ads 2014 dengan mengambil master by research, tapi sayangnya link contoh proposal yang bapak berikan tidak dapat diakses,
    1. boleh saya minta dikirimkan contoh proposal via email?
    2. jika dalam CV kita cantumkan pengalaman kerja/penghargaan apakah juga harus menyertakan bukti/semacam sertifikat? jika ya, apa perlu bukti tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa inggris?
    3. untuk syarat toefl itu kira2 international toefl atau cukup itp toefl? karena kalau harus tes ielts saya belum siap

    terima kasih.

  11. Pak andi saya berniat mengikuti beasiswa australia awards 2014 dengan menggunakan toefl itp namun, Ketika saya membaca pada form tercantum bahwa harus melampirkan original result toefl apakah saya hrs mengirimkan sertifikat asli toefl saya atau saya bisa mengirimkan copy nya saja? Mojon infonya pak…terimakasih sebelumnya

  12. sore pak andi,

    pak, personal statement pny pak andi krg jls stlh sy unduh. bs minta yg lbh terang pak? tau bs d kasi contoh personl statement pny bu palupi kl pak andi tidak keberatan.

    thanks pak andi

  13. Apa beda nya personal statement dengan pesonal goal pak?
    Ada contoh nya untuk personal goal?
    trims..

  14. Pak Andi,

    Thanks for sharing with us.
    Saat ini saya sedang mencoba untuk apply S2 ke UK.
    Kalau sudah bikin personal statement, boleh minta feedbacknya ngga Pak? Hehehe
    Boleh minta alamat emailnya?
    Thank you.

  15. Hallo Pak Andi, saya mau tanya tentang beasiswa Endeavour. Untuk tahun 2014, saya lihat di websitenya akan dibuka kembali pada bulan April. Menurut pengalaman Pak Andi, biasanya berapa bulan jangka waktu dibukanya pendaftaran untuk Endeavour Awards ini? Berhubung pengisian apliaksinya online, dokumen2 penting apa saja yang sebaiknya kita persiapkan sekarang supaya tinggal diupload nanti ketika pendaftarannya telah dibuka?

    Bisakah Pak Andi membuat juga halaman yang berisi tentang tips2 untuk pengisian apliaksi beasiswa Endeavour? Selama ini yang paling sering saya lihat adalah tips2 untuk AAS 🙂

    Terima kasih banyak yah Pak Andi untuk semua tips2nya… 🙂
    So glad to know that there is a very kind person like you who want to “waste” your time making tips about scholarship for others. Thanks a lot Pak! 🙂

  16. Pak, saya sudah membuat personal statement, tapi masih ada banyak kekurangannya. Apa bapak bisa memberi masukan untuk personal statement saya? Terimakasih.

  17. Pak bagaimana cara menerangkan career goal di PS setelah selesai menyelesaikan studi nantinya, sedangkan saat ini msh fresh gradute/blm bekerja. Kasarannya belum tau nantinya mau diaplikasikan dimana ilmu nya (beda dgn dosen yang secara otomatis ilmunya berguna buat ngajar sepulang s2). Apakah memungkinan jika saya menulis “sepulang s2 saya akan mendaftar diperusahaan A sesuai dgn jurusan saya tersebut agar bisa mengaplikasikan ilmu saya”.

    Terima kasih pak jawabannya, maaf membingungkan 🙂

  18. Pak Andi,
    Kalau yang mau mengambil jurusan master by cousework apa harus membuat personal statement juga??
    Apakah nilai IPK menentukan juga diterima atau tidak di universitas luar negari??

  19. Pak Andi boleh minta emailnya saya mau sharing dalam pengisian supporting statement di aplikasi AAS..saya masih belum yakin dengan penulisan statement sy, siapa tauk ada masukan dr Pak Andi, Trimaksih sebelumnya

  20. pak andi.. apa boleh saya mnta bantuan bapak ? apa ada contoh PS mengenai akuntansi..? tolong bantuanya pak..terimakasih

  21. Halo Pak…saya mau bertanya..tentang pengisian aplikasi AAS.. saya background s1 nya Geodesy..tamatan dari ITN Malang..saya ingin mengambil master of GIS di Ausstralia..hanya saya menemukan kesulitan untuk menentukan field study yang cocok..karena mengingat pekerjaan saya saat ini sebagai tenaga Laboran di Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering Kepulauan..dan di dalamnya terdapat beberapa divisi yaitu agroforestry..perikanan..peternakan..pemberdayaan masyarakat dan geospasial…bagaimana saya harus menentukan field study yang pas..agar bisa mencakup ke 5 divisi tersebut..? trimakasih

  22. permisi kang, untuk PS apa sebaiknya perlu di cantumkan nama, tanggal/tmpt pembuatan dan tanda tangan? seperti surat?

Bagaimana menurut Anda? What do you think?